Close

PSM vs. Persib: Penggemar Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 di Stadion Mattoangin

Hasil gambar untuk mattoangin

Kegembiraan peringatan 74 tahun Republik Indonesia juga terlihat dalam pertandingan antara PSM Makassar dan Persib Bandung. Fans juga merayakan di stadion.

Dalam pertandingan PSM melawan Persib, yang berlanjut pada Minggu (18.08.09) di Stadion Mattoangin di divisi pertama, para penggemar di area stadion mengibarkan bendera merah putih. Banyak kelompok swadaya bahkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Di sisi lain tribun, pendukung juga menciptakan koreografi dengan bendera merah putih. Sementara di bagian lain, ada spanduk dengan keran dan harimau yang disertai dengan angka 74.

“Luar biasa, kita bisa merayakan hari jadi negara kita, Indonedia, di stadion, penggemar Korea sangat baik, ada putih dan merah yang membawa suasana,” kata seorang pendukung PSM, Ikram.

Game itu sendiri akhirnya dimenangkan oleh PSM. Juku Eja mengalahkan Maung Bandung 3-1.

PSM menang 2-0 di babak pertama dengan gol-gol dari Wiljan Pluim dan Zulham Zamrun. Di awal babak kedua, tuan rumah mencetak gol oleh Pluim sebelum menerima tanggapan dari Yehezkiel N’Douassel.

Berkat kemenangan atas Persib, PSM naik ke tempat ketujuh di kejuaraan 1 dan mengumpulkan 19 poin dalam 10 pertandingan.

Ini adalah tradisi yang dijelaskan oleh Hariyono et al. setiap latihan pada 17 Agustus. Kali ini, Persib membawa semangat kemerdekaan ke Makassar. Meski lawan agak berat, Persib optimis dalam mencetak poin.

Pertandingan itu juga khusus untuk pelatih Persib Robert Alberts, yang merupakan mantan pelatih PSM.

“Sekarang aku membangun Persib. Seperti J├╝rgen Klopp, yang membangun Liverpool, dia perlu 2-3 tahun untuk sukses, dan kita akan melakukannya.” Persib berada di jalur yang benar, “kata pelatih asal Belanda itu.

Dalam hal PSM, di mana dia bekerja selama tiga musim, pelatih berusia 64 tahun itu mengatakan dia telah menghabiskan hari yang menyenangkan menginspirasi tim Juku Eja.

“Saya memiliki ingatan yang menyenangkan dengan Makassar dan saya senang dengan ingatan Arema dan saya senang dengan situasi saya saat ini di Bandung, itu hanya bagian dari pekerjaan saya dan sekarang adalah tugas saya untuk menang di setiap pertandingan,” kata Robert.

Duel antara PSM Makassar dan Persib Bandung akan dimainkan di stadion Andi Mattalatta dan akan disiarkan di SCTV.

Hasil akhir dari pertandingan hebat antara PSM Makassar dan Persib Bandung dimenangkan oleh Juku Eja, nama panggilan tim tuan rumah, dalam sekuel Liga Shoppie 1 2019.

Skor akhir 3: 1 di pertandingan, yang berlangsung pada hari Minggu (18.08.19) pukul 18.30 WIB di stadion Andi Mattalatta di Makassar.

Dengan tiga poin dicetak oleh Juku Eja, tim Makassar di Sulawesi Selatan mengalahkan dua tim pada saat yang sama di kejuaraan 1 dan berakhir di urutan ketujuh dengan 19 poin dalam 10 pertandingan.

Dua tim yang telah disalip, yaitu Persebaya Surabaya (posisi 8) dan Bhayangkara FC (9). Sementara itu, Maung Bandung berada di tempat kesebelas dengan 15 poin dalam 15 pertandingan. Kedua tim menyerang sejak awal, tetapi tidak ada gol sampai menit terakhir babak pertama.

Sepertinya pertandingan akan berakhir seri, dengan striker Belanda Wiljan Pluim membuka jalan buntu 41 menit ke dalam kotak penalti. Tiga menit kemudian, Zulham Zamrun, yang merebut juara Persib Bandung League 1, memasuki bekas klubnya di menit ke-44. Juku Eja menang 2-0 melawan Maung Bandung hingga babak pertama.

Para pengikut PSM Makassar, Red Gank, memiliki prinsip persatuan sepakbola. Presiden kelompok pendukung, Red Gank, Sul Daeng Kulle, mengatakan bahwa sepakbola sama sekali tidak memperburuk situasi, apalagi memicu serangan atau konfrontasi timbal balik.

Penggemar penggemar PSM, Imam Hartono, menunjukkan bahwa hubungan antara penggemar klub juga bisa bergantung pada klub lain. “Banyak hal yang dapat mempengaruhi hubungan dengan kelompok penggemar lain, tergantung pada pendukung klub,” kata Imam.

Untuk mengontrol para penggemar sehingga tidak ada kekacauan saat mengikuti permainan, para pendukung PSM juga berkoordinasi dengan pasukan keamanan lokal sebelum pertandingan. Ini terjadi ketika PSM Makassar berkompetisi di pertandingan kedua final Piala Indonesia melawan Persija Jakarta. “Itulah tepatnya yang kami lakukan di final,” katanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *